Virtex atau Hanya Sekedar Video Corrupt?

akhirnya saya menulis lagi di blog saya ini karena twitter saya yang ramai dihujani pertanyaan dan Like. Saya akan berusaha menjelaskan hanya dengan bahasa awam,tidak berusaha sebagai ahli dari segala ahli.

Menyikapi keramain yang ada, Gambar yang saya jelaskan pada twitter tersebut merupakan gambar yang saya peroleh dari Group Telegram Linuxhackingid. Di group tersebut tercantum sumbernya, namun hanya nama saja. Jadi saya coba mencari sumber asli gambar tersebut di Facebook. Bagi yang belum liat gambar yang saya share seperti apa, saya sertakan di bawah ini.

Sumber asli postingan tersebut bersumber dari akun facebook bernama Firma Fathoni, berikut saya sertakan sumber aslinya.

saya memposting gambar tersebut hanya mencoba membantu menjawab pertanyaan yang ada di salah satu base di twitter, Pada tulisan kali ini saya meminta maaf jika memang share tersebut tanpa ijin, namun saya sudah mencantumkan Sumbernya sejak awal.

Baik lanjut ke pembahasan videonya, ada yang masih penasaran dengan video aslinya? Video aslinya bisa kamu download di link berikut ini. (Eror pada device ditanggung sendiri)

.

Bagi yang tidak ingin membukanya, saya coba jelaskan disini secara awam. Video tersebut merupakan video CCTV biasa, tidak ada yang spesial, namun setelah coba dibedah, Filter tersebut mengalami eroror pada salah satu framenya.

Aplikasi yang saya gunakan untuk check adalah aplikasi FFMPEG pada operating system Ubuntu. Pada gambar diatas terlihat ada Frame yang mengalami height Overflow. Overflow height disini dijelaskan secara bahasa awam mungkin ada perubahan tinggi dari video tersebut, yang menyebabkan tingginya melonjak drastis.

Kenapa bisa menyebabkan HP mati atau restart? Saya analogikan overflow ini seperti listrik yang terhubung ke perangkat, saat listriknya normal, perangkat akan baik baik saja, tapi jika lonjakan listrik mendadak naik secara tiba2 dan perangkat tidak bisa mengatasi hal tersebut, perangkat akan mati secara tiba-tiba atau mengalami eror. Kurang lebih seperti itu analoginya.

Eror detaillnya bisa dilihat pada URL berikut ini.

Apa sih yang terdampak pada smartphone kamu? Yang terdampak chipsetnya, chipset GPU dan CPU nya, kalau kedua chipset tersebut tidak bisa handle lonjakan / overflow tersebut, ya kemungkinan besar itu yang menyebabkan HP kamu mati / restart / hang / lagging.

Penasaran sama isi videonya tapi males buka videonya? Bisa cek hasil extract frame by frame di URL berikut.

Preview dari frame yang eror sebagian saya tampilkan pada gambar di bawah ini.

Frame yang kemungkinan start eror.

Frame yang eror, tampak abu abu saja.

Kesimpulanya, menurut pendapat saya ini bukan VIRTEX atau Virus Text, ini hanya video yang corrupt dan terjadi Height overflow pada salah satu framenya. Kasus hang / eror / mati / restart pada Smartphone anda, disebabkan karna lonjakan height overflow ini, chipset GPU maupun CPU yang tidak bisa menghandle lonjakan tersebut akan mengalami eror.

Semoga penjelasan saya dapat mudah dimengerti, jika ada pendapat lain saya sangat terbuka untuk menerimanya.

_