Li-fi teknologi wireless berbasis Cahaya

Li-Fi merupakan sebuah paradigma baru untuk teknologi optik nirkabel untuk menyediakan konektivitas unprecendented (belum pernah terjadi sebelumnya) dalam lingkungan data-sentris lokal. Meningkatnya permintaan untuk bandwidth yang lebih tinggi, lebih cepat dan transmisi data yang lebih aman serta lingkungan dan tidak diragukan lagi bentara teknologi manusia yang ramah awal dari perubahan besar dalam teknologi nirkabel. LiFi atau Light Fidelity adalah sebuah teknologi Wireless Fidelity (WiFi) berbabasis cahaya. Teknologi tersebut mampu menghasilkan kecepatan transfer hingga 130mbps.

Sebuah penelitihan di University Edinburg, Jerman berhasil mengembangkan teknologi wireless atau nirkabel berbasis cahaya dan diberi nama LiFi atau Light Fidelity. Banyak orang mengemukakan bahwa LiFi merupakan pengganti teknologi WiFi dimasa depan.

Teknologi LiFi atau Light Fidelity dibuat menggunakan LED (Light Emiting Diode) untuk mengirimkan data ke penerima dengan memanfaatkan intensitas cahaya yang sangat cepat. Sehingga perubahan intensitas cahaya tak dapat dilihat oleh mata manusia.

Proyek pengembangan teknologi LiFi tersebut berawal dari seorang fisikawan dan profesor Jerman bernama Harald Haas yang membuat proyek di perusahaan Pure VLC (Visible Light Communications). Proyek tersebut mengembangkan metode smart lighting atau cahaya pintar sehingga dapat mengirimkan data dan menerima data. (Sumber : http://www.rootdiesomec.com/ ) .

Li-fi
source : kompas.com
Penemu LI-FI
Source : https://lifi.co/

Dengan puluhan miliar bola lampu biasa dipasang di rumah-rumah dan kantor-kantor di seluruh dunia, karena mereka diganti dengan sumber cahaya LED, Li-Fi dapat menjadi teknologi komunikasi yang dapat ditemukan hampir di mana-mana.

Lebih tepatnya, Li-Fi dapat digunakan di hampir setiap lokasi di mana peraturan melarang penggunaan Wi-Fi: pesawat kabin dan rumah sakit, untuk nama tapi dua. Dan cahaya tidak terpengaruh oleh peraturan yang mengatur bagaimana spektrum frekuensi radio dapat digunakan.

Tentu saja, mendapatkan itu keluar dari lab dan ke ruang tamu – dan setiap ruang lainnya diterangi oleh bola lampu – adalah masalah lain.

Li-fi Concept
source : https://websetnet.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *