Solo Traveling ke Negeri Jiran Malaysia (Part 3 : Kembali Ke Indonesia)

26 Oktober 2015, hari terakhir saya di malayasia saya bangun agak kesinggan. Rencana awal saya bangun jam 6 dan bersiap siap untuk cek out, nyatanya? Ya..karena kecapean akhirnya baru bangun jam 7 kurang . Bergegas saya mandi kemudian packing. Setelah packing beres akhirnya saya cek out dari Hotel.

Tujuan saya hari ini adalah jalan menuju Batu Caves saja atau kalau sempat berkliling di seputar KL Sentral. Batu Caves adalah sebuah Komplek Kuil Hindu yang terletak di Selangor. Bagaimana cara menuju kesana? Sayapun bingung awalnya hehehe…

Batu Caves
Batu Caves (sumber : www.tourism.gov)

Oke sebelum berangkat ke batu caves saya berencana menitipkan Tas Carier saya di KL Sentral. Untuk menuju KL saya menggunakan transportasi Monorail (tata cara beli tiket udah saya post ya di tulisan saya sebelumnya) Biaya naik monorail dari bukit bintang sekitar 2.30 RM. Sesampainya disana saya langsung mencari tempat penitipan barang.

Nah di KL Sentral ini ada tempat penitipan barang berbasis Token . Jadi sebelum menggunakan Loker kita harus membeli koinnya terlebih dahulu. Disini tingkat keudikan saya di uji lagi :)) saya tanya petugasnya dia hanya menyruh saya membeli koin tapi tidak memberi tahu cara dan dmna membeli koin tersebut. :))

Kurang lebih 15 menit saya mondar mandir di tempat penitipan tersebut karena petugasnya tidak ada. Untung saja ada ibu ibu Cleaning service yang akhirnya membantu hahaha…

Disini ada 3 jenis loker (kalau tidak salah) ada yang small RM 5, yang medium Rm 10 dan yang beasr RM 15. Tidak ada batas waktunya, tapi kayaknya sih seharian full. Karena setelah memasukkan koin dan mengunci anda hanya di perbolehkan membukanya sekali saja, dan tidak dapat menguncinya kembali.

Tips : loker yang medium cukup kok untuk kerili 45 L atau koper kecil. Tapikalau tas yang besar kayaknya perlu yang besar deh.

Oke setelah selesai menitipkan tas saya pun mencari informasi bagaiaman cara menuju batu cave. Untuk menuju batu caves saya menggunakan Raja Laluan Ktm Komuter. Tiketnya RM 2 cukup murah. Setelah membeli tiket saya langsung menuju peron tempat menunggu kereta, beruntungnya saya tidak harus menunggu lama belum 5 menit kereta pun datang.

Peta Raja Laluan KTM Komuter
Peta Raja Laluan KTM Komuter (sumber : spad.gov.my)

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, saya berangkat dari Stasiuan KL Sentral dan menuju Stasiun Batu Caves. Perjalanan kurang lebih sekitar 20 menit, kereta akan berhenti di setiap stasiun kurang lebih selama 1 menit. Kurang lebih setelah 20 menit perjalanan menuju batu caves.

Kesan pertama setelah sampai sana cuma “waw” banyak patung besar dan ornamen Hindu seperti di India (walupun belum pernah ke India ya) . Tapi di Bali pun saya jarang menemukan patung-patung dewa sebesar yang ada di Batu Caves.

Patung Siwa

Ada beberapa kuil yang terletak di dalam Gua, tapi untuk mencapainya tidaklah semudah yang anda duga. Harus mendaki puluhan anak tangga dulu untuk mencapi kuil yang ada di dalam Gua.

Sampai di Atas
Kuil dalam Gua

Setelah puas berfoto-foto dan berkliling Batu Caves saya memtuskan untuk balik ke KL Sentral. sama tiket kertanya masih RM 2 dari Batu Caves Menuju KL Sentral. Selama perjalanan saya berpikir mau kemana kah selanjutnya? Saya lihat – lihat peta yang saya dapat di hotel, sepertinya ada yang menarik di pasar seni sama masjid jamek. Nah akhirnya saya memutuskan ke masjid jamek. Sesampainya di KL Sentral Saya bertanya lagi bagaimana cara menuju Masjid Jamek. Untuk menuju masjid jamek saya harus naik kereta Kelana Jaya. Cara pembelian tiketnya sama dengan Monorail, jadi ya sudah tidak udik lagi :))

Masjid Jamek

Sampai di Masjid Jamek ternyata masjidnya tidak dibuka untuk Umum Karena Sedang di renovasi. yah bingunglah saya mau kemana. Beberapa saat saya berkeliling di sekitar Masjid Jamek akhirnya sama memutuskan Beli makan, ada Food Truck yang saya lihat menarik. Nasi Ayam Kunyit…wah sepertinya enak, langsung saja saya beli cuma RM 5.

Nasi Ayam Kunyit (Sumber : google)

Karena ga sempet foto saya ambil fotonya dari Google, kurang lebih seperti itu bentuknya Enak kan :))

Oke setelah membeli makan saya langsung balik menuju KL Sentral (rencanaya saya makan nasi tadi di Bandara saja). Sesampainya di KL Sentral saya mengambil tas yang ada di loker terlebih dahulu kemudian baru deh menuju konter Bus yang ada di Lantai paling bawah. Banyak alternatif untuk menuju Bandara dari KL Sentral, sebenarnya saya tertarik untuk mencoba menggunakan KLIA Express untuk menuju bandara, tapi karna harganya yang mahal saya urungkan niat saya. :))

KLIA Xpress

Akhirnya saya memutuskan naik Sky Bus Air Asia lagi. Harga tiketnya RM 11. Bisa di beli di bagian KL Sentral Paling Bawah.

Tips : Jika peswat Anda adalah air Asia belilah tiket bus include dengan tiket pesawatnya, maka Anda akan mendapat harga lebih murah. Atau jika pesawat anda bukan Air Asia maka anda bisa membeli tiket bus seacara online di skybus.com.my Harga yang Anda dapat akan sedikit lebih murah di banding dengan beli langsung.

Saya sampai bandara sekitar pukul 12.30 waktu setempat. Berhubung saya berbekal nasi dari KL Sentral saya berencana makan dulu, setelah pembungkus nasinya di buka, eng ing eng ternyata tidak ada sendoknya -_-

Awalnya saya berencana makan pakai tangan saja yasudahlah, tapi saya melihat ada foodcourt , saya menuju kesana aja siaptau ada sendok yang bisa di pinjam. Di food court ini sistem pengambilan sendoknya self service, jadi setelah pembeli dapat makananya mereka harus mengambil sendok sendiri, nah saya berinisitaf menyamar aja jadi pembeli yang sudah beli makanan, karena saya disan melihat ada sendok plastik jadi ya saya ambil aja satu :))

Setelah ambil sendok langsung pergi cari tempat duduk buat makan. Awwalnya clingak clinguk dulu apa ada orang makan di tempat menunggu bus , eh ternyata ada yaudah saya sikat aja itu sekotak nasi ayam kunyit. Setelah puas dan perut saya kenyang, saya bersiap siap untuk naik ke Level 3 (tempat keberangkatan) Sebelum naik saya packing dulu memasukkan semua kamera dan barang lainnya ke tas keril saya. Oke soal cek in dan lain sebagainya ga perlu di bahas yaaa. Untuk cek in di KLIA langsung saja ke level 3 bandara tersebut nanti banyak mesin cek in dan konter cek in kok. Sebenernya saya sempat bermasalah disini karena waktu mau cek in ulang dbilang pembayaran saya bermasalah, syukurnya saya sudah cetak boarding pass sebelumnya jadi ya saya cuek aja ke pintu keberangkatan.

Oke sekian cerita dari saya tentang perjalanan saya Menuju Negeri Jiran Malaysia. Siaptau bisa jadi referensi buat kalian yang mau coba nonton moto gp sendirian. Oke sampai jumpa lagi “kapan kita kemana?” 😀